Selasa, 04 Desember 2012

PROPOSAL PENDIDIKAN KESEHATAN PADA ANAK DENGAN KEJANG DEMAM


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang
               Kejang demam merupakan kelainan neurologis yang paling sering dijumpai pada anak, terutama pada golongan anak umur 6 bulan sampai 4 tahun. Hampir 3% dari anak yang berumur dibawah 5 tahun pernah menderita kejang demam. Bangkitan kejang demam ini terjadi karena adanya kenaikan suhu (suhu rektal diatas 38*C) yang disebabkan oleh proses ekstrakranium. Penyebab demam terbanyak adalah infeksi saluran pernapasan bagian atas disusul infeksi saluran pencernaan.
               Kejang ini merupakan kejang umum dengan pergerakan klonik selama kurang dari 10 menit. SSP normal dan tidak ada tanda-tanda defisit neurologi pada saat serangan telah menghilang. Sekitar sepertiga akan mengalami kejang demam kembali jika terjadi demam, tetapi sangat jarang yang mengalami kejang setelah usia 6 tahun. Kejang yang lama atau fokal dan berulang, atau gambaran EEG yang abnormal 2 minggu setelah kejang, menunjukkan diagnosis epilepsi.
               Untuk mencegah terjadinya resiko tersebut, diberikan pendidikan kesehatan terutama bagi orang tua yang anaknya menderita kejang demam di rumah sakit seputar pengertian kejang demam dan penatalaksanaanya.

B.     Tujuan
1.      Tujuan Umum
Dengan pendidikan kesehatan tentang kejang demam, keluarga dapat mencegah kejadian kejang berulang pada anaknya.


Download selengkapnya DISINI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar