Jumat, 07 Desember 2012

LAPORAN PENDAHULUAN PADA KLIEN DENGAN STROKE


A.      Definisi
Stroke atau cedera cerebrovaskuler adalah  kehilangan fungsi otak yang diakibatkan   oleh berhentinya suplai darah ke bagian otak sering kali adalah akumulasi penyakit serebrovaskuler selama beberapa tahun. (Smeltzer C. Suzanne, 2002)
Stroke adalah sindrom klinis yang awal timbulnya mendadak, progresif, cepat berupa defisit neurologis vokal atau global yang berlangsung 24 jam atau lebih atau langsung menimbulkan kematian. Semata-mata disebabkan oleh peredaran darah otak non traumatik. (Mansjoer A. 2000)
Stroke atau penyakit cerebrovascular merupakan gangguan neurologic mendadak yang terjadi akibat pembatasan atau terhentinya aliran darah melalui system suplai arteri otak. (Sylvia A Price, 2005)
Dari ketiga definisi di atas dapat disimpulkan bahwa stroke adalah gangguan neurologic berupa kehilangan fungsi otak yang diakibatkan oleh terhentinya suplai darah ke otak yang timbul secara mendadak, progresif, cepat berupa neurologis vocal atau global yang berlangsung 24 jam atau lebih dan sering kali menimbulkan kematian. 

Selengkapnya download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar